Wisata Bengkulu, Rumah Pengasingan Bung Karno

shares |

Wisata Bengkulu - Rumah Pengasingan Bung Karno.

Bengkulu adalah salah satu kota di Provinsi dengan nama yang sama yaitu provinsi Bengkulu. Banyak sekali tempat wisata yang ada di kota ini. Misalnya saja Spot Foto Menarik di Kota Bengkulu. dengan lokasi di daerah pesisir pantai bengkulu banyak sekali menyimpan tempat wisata yang bagus, hanya saja kurang begitu diperhatikan oleh pemerintah daerah setempat. Tidak hanya pantai, bekas jajahan inggris ini juga mempunyai beberapa tempat wisata non pantai. 

Apa yang ada dipikiran kalian jika mendengar kota bengkulu? jika kalian orang indonesia maka akan teringat dengan sosok pendiri bangsa sekaligus sang proklamator kemerdekaan republik ini. sekalin itu istri beliau yaitu Ibu Fatmawati juga berasal dari kota bengkulu ini.

nama sang proklamator ini amat sangat melekat dengan kota bengkulu ini. karena pada masa perjuangan dahulu beliau sempat diasingkan Pemerintah Kolonial Belanda  sejak 1938 sampai 1942. dengan pengasingan itu kemudian bung karno bertemu dengan Fatmawati, putri seorang tokoh Muhammadiyah Bengkulu, yang kemudian disuntingnya menjadi istri.

berikut ini beberpa peninggalan bung karno dibengkulu yang harus kalian ketahui sebagai anak bangsa.

Wisata bengkulu rumah bung karno


rumah-Pengasingan-Bung-Karnorumah yang terletak di  jalan Soekarno-Hatta, Anggut, Bengkulu, tak jauh dari lokasi KPPN Bengkulu ini memimiliki nilai historis yang sangat tinggi dan saat ini menjadi objek wisata sejarah di bengkulu.

pada mulanya rumah itu milik dari pengusaha Tionghoa yang bernama Tan Eng Cian yang bekerja saat itu sebagai penyuplai sembako untuk Pemerintah Hindia Belanda.saat ini kondisi rumah pengasingan bung karno ini masih terawat dan tetap seperti aslinya untuk menjaga kelestarian nilai historisnya. Bentuknya pun jauh dari kesan modern seperti halnya rumah-rumah zaman sekarang.

adapun benda danbarang barang peninggalan bung karno  semasa hidupnya saat pengasingan di Bengkulu yaitu koleksi buku-buku yang jumlahnya sekitar 303 buku, lukisan, foto, sepeda, kursi meja, hingga tempat tidur. Di sekeliling rumah terhampar halaman yang cukup luas dan terawat dengan sebuah sumur di bagian belakang rumah.

Wisata bengkulu rumah bung karno

Untuk masuk ke rumah Bung Karno ini, pengunjung dikenakan biaya yang sangat terjangkau, yaitu Rp 2.500,- Bagi yang ingin berwisata sejarah, rasanya rumah pengasingan Bung Karno di Kota Bengkulu ini sangat menarik untuk dikunjungi. Terlebih lagi kita dapat menjumpai sentra penjulan oleh-oleh khas Bengkulu yang lokasinya tak jauh dari tempat berdirinya rumah bersejarah ini.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment